Control Valve

control valve filter air keran air

Pengertian Control Valve

Control valve merupakan salah satu jenis valve (katup / keran) yang digunakan untuk mengatur aliran, tekanan, suhu serta mengendalikan suatu fluida baik berupa gas, cairan maupun wujud padat. Fluida tersebut mengalir dengan lancar pada pipa maupun parit atau sungai yang dilengkapi dengan valve guna mengatur aliranya.dengan cara membuka dan menutup penuh atau sebagian sebagai respons terhadap sinyal yang diterima dari pusat pengendali.

Pada sistem irigasi, air mengalir dari bendungan ke saluran air, valve bisa disebut sebagai pintu air. Saluran sebagai jalur mengalirnya air bisa berupa sungai, parit atau selokan. Biasanya kapasitas aliran ini sangat besar sehingga valve yang digunakan juga besar dalam pengukuran.

 

Fungsi Control Valve

Ada beberapa jenis fungsi dari control valve baik secara otomatis maupun manual. Valve ini bisa secara manual membuka atau menutup aliran dengan tenaga manusia. Namun saat ini control valve sudah banyak dilengkapi dengan komponen elektrik, pneumatic atau hydraulic, yang biasa digunakan pada aliran dengan kapasitas yang besar dan pressure tinggi.

Pada control valve, ia menggunakan sinyal yang di dapat dari instrumen yang terpasang di sistem pemipaan kemudian akan diproses kedalam bukaan valve sesuai kebutuhan dari jumlah alirannya. Dengan control valve, ia dapat melakukan berbagai fungsi yang biasanya untuk mengontrol jumlah aliran atau untuk membatasi tekanan di dalam sebuah sistem pemipaan.

Dalam hal ini control valve yang digunakan di tempat tertentu yang biasa disebut pintu air. Seperti yang sering kita dengar saat banjir, pintu air ini juga berfungsi sebagai pengontrol gelombang untuk mengarahkan jumlah air yang mengalir ke sungai.

Ada juga valve yang memiliki fungsi sebagai kontrol, untuk mengontrol aliran sehingga mengalir dalam arah yang sama dan tidak dapat mengalir dalam arah sebaliknya. Dimana valve ini biasa disebut dengan no return valve atau check valve. Valve seperti ini yang dapat menjadi komponen dari control valve biasa disebut one way valve atau check valve.

Dari bentuk perkembangannya, yang banyak dikenal secara umum adalah buterfly valve, ball valve, gate valve, solenoid valve, membrane valve. Untuk control valve seperti ini ada yang otomatis maupun manual dimana banyak digunakan untuk mengontrol aliran air, udara dan gas.


Posting Lama Posting Baru