Artikel Terkait
Berlangganan Kami
Berlangganan buletin kami dan dapatkan pilihan artikel berkualitas tinggi setiap minggu.

PRESSURE TANK WELLMATE

Kesal dengan tekanan air yang tidak stabil?

Anti-karat, lebih efektif, pemasangan cepat - Pressure tank WM Series adalah pilihan utama para professional. WM Series menawarkan fitur dan keuntungan yang tidak bisa ditandingi oleh tangki baja.

Jangan puas. Meningkatkan kualitas hidup Anda sekarang. Pelajari lebih lanjut.

970 CARBON - NOVASORB HYDROGARD

Kapasitas adsorpsi, melawan abrasi dan ketahanan gesekan sangat baik.

Novasorb Hydrogard 970 diproduksi dengan mengaktifkan uap dari jenis batu bara bituminus tertentu. Pelajari lebih lanjut.

Iron and Manganese - Greensand Plus

Air kotor dari sumurmu?

Zat besi, mangan, hidrogen sulfida, arsenik, dan radium yang larut dalam pasokan air tanah disaring secara efektif dengan GreensandPlus™.

Mengenal Bahan Kimia dalam Pengolahan Air dan Penggunaannya

0 comments

Gambar Foto Mengenal Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Watermart

Bahan kimia memiliki fungsi krusial dalam menjernihkan, membersihkan, dan memastikan kualitas air yang aman untuk berbagai keperluan. Artikel ini akan menjelaskan berbagai jenis bahan kimia yang digunakan dalam pengolahan air dan bagaimana pentingnya pemilihan bahan yang tepat untuk memastikan efektivitas proses pengolahan.

Apa Itu Bahan Kimia dalam Pengolahan Air?

Bahan kimia dalam pengolahan air adalah zat-zat yang ditambahkan untuk memodifikasi sifat fisik, kimia, atau biologi air. Tujuannya adalah untuk mencapai kualitas air yang diinginkan. Bahan-bahan ini dapat berupa koagulan yang membantu menggumpalkan partikel kotoran, desinfektan untuk membunuh mikroorganisme, atau bahan kimia lain yang meningkatkan efisiensi proses pengolahan.

Jenis-Jenis Bahan Kimia dan Kegunaannya

Berbagai jenis bahan kimia digunakan dalam pengolahan air, termasuk:

Gambar Foto PAC Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Watermart

Koagulan

Koagulan seperti Alum (Aluminium Sulfat) dan Poli Aluminium Klorida (PAC) memainkan peran vital dalam proses pengolahan air. Mereka bekerja dengan menarik partikel-partikel kecil yang terdapat dalam air, yang sering kali terlalu halus untuk disaring secara efektif. Setelah ditambahkan ke dalam air, koagulan ini menyebabkan partikel-partikel tersebut menggumpal menjadi butiran yang lebih besar, proses ini dikenal sebagai koagulasi. Gumpalan yang terbentuk, yang dikenal sebagai 'floc', kemudian menjadi cukup besar sehingga dapat disaring atau mengendap di dasar tangki penjernihan.

Gambar Foto Flocculant Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Watermart

Flokulan

Sementara koagulan membantu membentuk floc, flokulan membantu mempercepat proses ini. Flokulan adalah polimer yang bekerja dengan mengikat floc yang sudah terbentuk, membuatnya menjadi lebih besar dan lebih padat. Hal ini memudahkan proses pemisahan floc dari air yang bersih. Flokulan sangat penting dalam proses pengolahan air karena mereka meningkatkan efisiensi pengendapan dan filtrasi, menghasilkan air yang lebih jernih dan berkualitas lebih tinggi.

Gambar Foto Desinfektan Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Watermart

Desinfektan

Desinfektan seperti klorin adalah bagian penting dari proses pengolahan air. Mereka bertanggung jawab untuk membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang dapat terdapat dalam air. Klorin adalah salah satu desinfektan yang paling umum digunakan karena efektivitas dan biayanya yang relatif rendah. Penggunaan klorin dalam pengolahan air membantu mencegah penyebaran penyakit yang berasal dari air dan menjaga keamanan air untuk konsumsi dan penggunaan sehari-hari.

Gambar Foto pH Adjuster Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Watermart

pH Adjusters

Menjaga keseimbangan pH air adalah penting untuk memastikan efektivitas proses pengolahan dan keamanan air untuk penggunaan. pH Adjusters digunakan untuk mengubah dan menstabilkan tingkat pH air. Bahan kimia seperti kapur atau soda abu dapat ditambahkan untuk meningkatkan pH air yang terlalu asam, sedangkan asam seperti asam sulfurik dapat digunakan untuk menurunkan pH air yang terlalu basa. Penyesuaian pH yang tepat penting tidak hanya untuk keamanan penggunaan air tetapi juga untuk mencegah korosi pipa dan peralatan serta memastikan efektivitas bahan kimia lain yang digunakan dalam pengolahan air.

Pentingnya Pemilihan Bahan Kimia yang Tepat

Memilih bahan kimia yang tepat untuk pengolahan air adalah langkah kritis. Pemilihan yang salah tidak hanya mengurangi efektivitas pengolahan tetapi juga dapat menimbulkan risiko kesehatan. Sebagai contoh, penggunaan klorin yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, sementara penggunaan yang kurang dapat gagal membunuh mikroorganisme berbahaya.

Peran Watermart dalam Distribusi Bahan Kimia Pengolahan Air

Sebagai distributor peralatan pengolahan air terkemuka, Watermart berkomitmen untuk menyediakan bahan kimia berkualitas tinggi untuk pengolahan air. Kami menyediakan berbagai jenis bahan kimia yang telah teruji efektivitasnya, membantu klien kami dalam mencapai standar kualitas air yang diinginkan dengan efisien dan aman.

Penggunaan bahan kimia dalam pengolahan air adalah aspek penting yang tidak bisa diabaikan. Dengan pemilihan bahan yang tepat dan kualitas yang terjamin, proses pengolahan air dapat berjalan dengan efektif dan aman. Watermart berada di garis depan dalam menyediakan solusi bahan kimia untuk pengolahan air yang berkualitas.

Hubungi kami via E-mail atau Whatsapp untuk pemilihan bahan kimia yang tepat dan bagaimana kami dapat membantu Anda.

Hubungi Kami / Follow Kami