Artikel Terkait
Berlangganan Kami
Berlangganan buletin kami dan dapatkan pilihan artikel berkualitas tinggi setiap minggu.

PRESSURE TANK WELLMATE

Kesal dengan tekanan air yang tidak stabil?

Anti-karat, lebih efektif, pemasangan cepat - Pressure tank WM Series adalah pilihan utama para professional. WM Series menawarkan fitur dan keuntungan yang tidak bisa ditandingi oleh tangki baja.

Jangan puas. Meningkatkan kualitas hidup Anda sekarang. Pelajari lebih lanjut.

970 CARBON - NOVASORB HYDROGARD

Kapasitas adsorpsi, melawan abrasi dan ketahanan gesekan sangat baik.

Novasorb Hydrogard 970 diproduksi dengan mengaktifkan uap dari jenis batu bara bituminus tertentu. Pelajari lebih lanjut.

Iron and Manganese - Greensand Plus

Air kotor dari sumurmu?

Zat besi, mangan, hidrogen sulfida, arsenik, dan radium yang larut dalam pasokan air tanah disaring secara efektif dengan GreensandPlus™.

5 Poin Penting Pada Pengolahan Air Dengan Karbon Aktif

0 comments

Karbon aktif untuk penyaringan air adalah salah satu cara paling efektif untuk memurnikan air. Ini banyak digunakan untuk pemurnian air di berbagai industri, dan secara umum. Itu dapat menghilangkan sebagian besar kontaminan dari air dan membuatnya cocok untuk minum, memasak, dan untuk berbagai keperluan industri.

Untuk berbagai industri, membeli air dengan kualitas terbaik sangatlah penting. Karbon aktif mudah didapat, tetapi tidak semuanya dapat diandalkan atau berkualitas lebih tinggi. Semakin tinggi kualitas karbon aktif, semakin tinggi pula kualitas airnya. Ini juga digunakan dalam industri pengolahan air dan pasokan air karena menawarkan solusi yang sangat hemat biaya. Ada banyak alasan mengapa karbon aktif sangat cocok untuk kebutuhan penjernihan air. Fitur dan kemampuannya menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memurnikan air.

Berikut adalah 5 poin penting tentang karbon aktif untuk air:

  1. Dari Mana Asalnya?

Karbon aktif mudah didapat karena berasal dari bahan sumber karbon, seperti kayu, bambu, serbuk gergaji, tempurung kelapa, lubang persik, sabut, minyak bumi, dan batu bara. Yang terbuat dari batok kelapa paling umum, terutama di negara-negara seperti India. Mereka juga sangat efektif dan berkualitas tinggi. Ini adalah berbagai sumber karbon, yang kemudian diolah untuk mengaktifkannya sehingga dapat bekerja secara efektif untuk menghilangkan kotoran. Aktivasi ini merupakan proses pembentukan jutaan pori-pori kecil pada permukaan karbon. Jutaan pori-pori kecil ini membantu penyerapan kotoran dari air yang terkontaminasi.

Ini dapat diaktifkan melalui proses termal atau kimia. Pada proses aktivasi termal, gas panas digunakan untuk membuka pori-pori permukaan karbon. Di sisi lain, proses aktivasi kimia termasuk penggunaan basa kuat, garam atau asam.

  1. Ada Berbagai Jenis Karbon Aktif

Karbon aktif untuk penyaringan air hadir dalam berbagai bentuk. Mereka masing-masing memiliki sifat, karakteristik, dan kemampuan unik untuk menghilangkan kontaminan dari air. Karbon aktif yang paling populer dan banyak digunakan untuk pengolahan air adalah Karbon Aktif Granular yang juga dikenal sebagai GAC.

Berikut adalah jenis karbon aktif lainnya:

  • Granular Activated Carbon (GAC) – Memiliki partikel karbon yang besar.
  • Powdered Actibity Carbon (PAC) – Memiliki partikel halus karbon yang dilumatkan atau dihancurkan.
  • Extruded Activated Carbon (EAC) – Mencampur Powdered Activated Carbon (PAC) dengan zat pengikat yang menghasilkan partikel silindris atau bola.
  • Impregnated Carbon – Ini mengandung berbagai senyawa anorganik yang diresapi seperti perak dan yodium.
  • Bead Activated Carbon (BAC) – Terbentuk dari petroleum pitch dan berbentuk bulat.
  • Woven Carbon – Dibentuk dengan menggabungkan karbon aktif dengan serat rayon teknis.
  • Polymer Activated Carbon – Partikel karbon dilapisi dengan polimer biokompatibel.

Ini adalah beberapa dari berbagai jenis karbon aktif untuk penyaringan air.

  1. Berbagai aplikasi

Karbon aktif banyak digunakan untuk penjernihan air di industri dan secara umum juga, seperti penjernihan air minum. Ini digunakan untuk mengolah air dalam industri pengolahan air dan pasokan air. Itu juga digunakan untuk pemurnian udara, pemutihan gigi, ekstraksi logam dan lain-lain. itu dapat menghilangkan berbagai macam kotoran, seperti bahan kimia organik, klorin, pestisida, herbisida dan banyak lagi. Itu mampu menghilangkan sebagian besar komponen organik dalam air agar cocok untuk diminum atau untuk penggunaan lain.

Selain penyaringan air, karbon aktif memiliki kegunaan lain di berbagai industri, seperti industri medis. Ini digunakan untuk mengobati orang yang overdosis atau keracunan karena dapat dengan mudah menyerap isinya. Dalam industri manufaktur, digunakan untuk finishing logam dan memurnikan kotoran dari logam seperti nikel.

  1. Menghilangkan Kotoran Air Secara Efektif

Karbon aktif untuk pemurnian air dapat menghilangkan berbagai kontaminan organik. Ini dapat menghilangkan 81 bahan kimia dan dapat mengurangi efek dari 52 bahan kimia lainnya. Ini adalah satu-satunya media penyaringan yang berhasil menghilangkan semua 12 herbisida dan 14 pestisida yang diketahui. Itu juga dapat menghilangkan semua jenis kontaminan organik.

Ini sangat efektif dalam menghilangkan bahan kimia dari air seperti klorin. Klorin dapat mempengaruhi rasa, bau dan tampilan air. Karbon aktif dapat dengan mudah menghilangkan klorin dan semua jejaknya dari air dengan sangat mudah.

  1. Bagaimana Cara Kerja Filter Karbon Aktif?

Karbon aktif berfungsi karena luas permukaannya yang besar tempat kontaminan terserap. Ketika cairan atau gas bersentuhan dengan karbon aktif, molekul-molekulnya ditarik ke dalam jutaan pori yang ada di permukaan karbon aktif. Ukurannya kecil, tetapi luas permukaannya memiliki jutaan pori yang membantu menghilangkan berbagai kontaminan. Efektivitas karbon aktif tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah kontaminan, jenis pengotor, keasaman, dan suhu air. Sangat aman digunakan dan dapat dikeluarkan dari air olahan setelah proses selesai.

 

Kesimpulan

Karbon aktif adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan kotoran dari air. Ini dapat menghilangkan berbagai macam kotoran dari air dan udara dan banyak digunakan dalam industri pengolahan air dan pasokan air. Penting untuk menggunakan karbon berkualitas tinggi untuk penyaringan dan pengolahan air sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Watermart Perkasa menyediakan karbon aktif untuk solusi pengolahan air. Kami menyediakan karbon berkualitas tinggi untuk pasokan air dan industri pengolahan. Kami memastikan produk dan solusi karbon aktif kualitas terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Kami dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kualitas dan efisiensi Anda dengan tim dan keahlian kami.

Hubungi Kami / Follow Kami